Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Wheel Alignment

01 March 2023

Bagikan

WA
link
Sumber: Freepik.

Kalian pasti pernah mengalami sakit punggung, leher terasa pegal atau nyeri pada bagian tubuh yang lain karena postur tidur yang salah. Dan tentu ini akan mempengaruhi seluruh aktivitas bahkan mood kita selama seharian. Sama seperti tubuh, mobil juga bisa terpengaruh jika ada salah satu bagiannya yang tidak pas, contohnya adalah roda kendaraan.

Jika roda dalam keadaan yang tidak sejajar, otomatis akan mempengaruhi bagian lainnya. Kalau kamu merasa ada yang sedang tidak beres pada roda kendaraan, kami sarankan untuk segera membawanya ke bengkel terdekat. Jika dipaksakan untuk terus mengemudi, hanya akan memperburuk kondisi ban, kemudi serta handling mobil.

Tapi, gimana caranya untuk mengenali tanda-tanda bahwa roda mobil memerlukan penyelarasan dan perbaikan?

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui semuanya tentang Wheel Alignment.

Baca juga: Cara Memindahkan Mobil Menggunakan Tire Skates atau Dolly

Apa Itu Wheel Alignment?

Porsche klasik (sumber: Porsche).

Wheel Alignment atau yang kita kenal dengan spooring, merupakan penyetelan dan penyesuaian sistem suspensi kendaraan. Sistem inilah yang akan menghubungkan roda kendaraan ke mobil kalian. Penyelarasan roda ini cukup penting mengingat roda yang tidak sejajar dapat menyebabkan berbagai masalah seperti membuat ban cepat aus, dan mengurangi kenyamanan dalam mengendarai mobil.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu roda kendaraan yang tidak sejajar, seperti mobil menabrak dinding atau terperosok ke lubang. Benturan kecil saja dapat menyebabkan sudut kemiringan roda mobil berubah. Nah, di bawah ini kami beberkan beberapa gejala yang mengindikasikan bahwa kamu perlu melakukan spooring mobil saat ini juga;

- Roda mobil menarik ke satu sisi di jalan lurus

- Kemudi bergetar

- Tidak meratanya keausan ban

4 Sudut Wheel Alignment

911 GT3 (sumber: Porsche).

Pada umumnya ada 4 sudut wheel alignment, yaitu camber, caster, toe dan kingpin inclination. Semua sudut ini memiliki fungsi masing-masing serta saling berkaitan satu sama lainnya. Meski kalian bukan teknisi atau ahli otomotif, tapi tidak ada salahnya juga nih untuk mengetahui 4 sudut roda agar menambah wawasan seputar dunia otomotif.

Camber

Camber merupakan sudut kemiringan roda ke dalam atau luar, jika dilihat dari depan mobil. Mendapatkan sudut kemiringan camber yang tepat adalah hal yang sangat penting demi menjaga kestabilan mobil pada saat berbelok di tikungan. Jika penyetelannya tidak tepat, akan menyebabkan keausan di tepi dalam atau luar ban, tergantung dimana arah kemiringan roda. Camber terbagi dalam beberapa jenis, yaitu camber positif, camber negatif dan nol camber.

Toe

Toe atau tracking adalah sudut kemiringan roda yang mengarah ke sisi kiri atau kanan, jika dilihat dari atas mobil. Penyelarasan toe memang cukup rumit, tapi sudut ini memiliki peran penting dalam mengatur kelurusan arah roda serta handling kendaraan. Sudut toe dibedakan menjadi 3; toe-in, toe-out, dan zero toe. Perlu diingat bahwa setiap mobil memiliki ukurannya masing-masing sesuai ketentuan dari manufaktur. Jadi, pastikan untuk menyetel sudut toe sesuai ketentuan aslinya, ya!

Caster

Caster mengacu pada alignment roda atau tingkat kesejajaran roda mobil. Fungsi dari caster adalah untuk mengendalikan kestabilan roda saat mobil berjalan. Sederhananya, sudut ini berpengaruh pada keseimbangan mobil agar tidak mudah slip saat berada di jalur tikungan. Ada 3 jenis caster, yaitu caster positif, caster negatif dan caster 0.

Kingpin Inclination

Kingpin Inclination atau steering axis, adalah sudut keselarasan roda ketika berbelok. Sudut ini berpengaruh penting pada kemudi, membuatnya cenderung kembali ke posisi lurus ke depan atau tengah, karena posisi tersebut merupakan tempat bodi kendaraan yang ditangguhkan berada pada titik terendahnya.

2 Wheel Alignment vs 4 Wheel Alignment

Sumber: Freepik.

2 wheel alignment dan 4 wheel alignment adalah dua jenis perawatan roda pada mobil. 2 wheel alignment atau yang dikenal sebagai Front End Alignment, merupakan penyesuaian pada kedua roda depan, sehingga hanya memperbaiki masalah pada roda depan saja, seperti ban yang aus secara tidak merata atau terkikis. Sedangkan 4 wheel alignment, kedua roda depan dan belakang disesuaikan sehingga seluruh sistem roda mobil berada dalam kondisi optimal.

Perawatan dan penyelarasan wheel alignment dapat meningkatkan stabilitas, handling, dan kenyamanan berkendara, serta dapat memperpanjang masa pakai ban mobil secara keseluruhan. Namun, jenis perawatan roda yang dibutuhkan tergantung pada kondisi mobil masing-masing dan masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik bengkel untuk menentukan jenis perawatan yang terbaik bagi mobil kalian.

Kesimpulan

Wheel alignment sangat penting untuk menjaga stabilitas, kenyamanan, dan keselamatan saat berkendara. Perawatan wheel alignment harus dilakukan secara teratur dan sesuai dengan panduan pabrik mobil. Jika tidak, roda mobil dapat mengalami masalah seperti ban yang aus secara tidak merata, keausan pada suspensi, dan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak. Jadi setidaknya luangkan waktu enam bulan sekali untuk mengecekkan kendaraan kalian, ya!

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.